A-10 Thunderbolt II memiliki manuver yang sangat baik pada
kecepatan udara rendah dan ketinggian, dan merupakan sebuah platform
senjata-pengiriman yang sangat akurat dan survivable. Pesawat dapat berkeliaran
daerah pertempuran dekat untuk waktu yang lama dan beroperasi di langit-langit
rendah dan kondisi visibilitas. Jari-jari lebar tempur dan lepas landas pendek
dan mendarat operasi izin kemampuan dalam dan keluar dari lokasi dekat garis
depan. Menggunakan kacamata night vision, A-10 pilot dapat melakukan misi
mereka selama kegelapan.
Thunderbolt IIs memiliki Sistem Malam Pencitraan Vision, atau
NVIS, goggle kompatibel satu kursi cockpits maju dari sayap mereka dan sebuah
kanopi gelembung besar yang menyediakan semua-sekitar pilot visi. Pilot
dilindungi oleh baju besi titanium yang juga melindungi bagian dari sistem
kontrol penerbangan. Bagian berlebihan struktural utama memungkinkan pesawat
untuk menikmati bertahan hidup lebih baik selama dukungan udara dibanding
pesawat sebelumnya. Pesawat bisa bertahan tembakan langsung dari armor-piercing
dan proyektil peledak tinggi hingga 23mm. Self-sealing sel bahan bakar mereka
dilindungi oleh busa internal dan eksternal. Sistem manual back up berlebihan
hidrolik mereka penerbangan-sistem kontrol. Hal ini memungkinkan pilot untuk
terbang dan mendarat ketika tenaga hidrolik hilang.
A-10 telah menerima upgrade selama bertahun-tahun. Pada tahun
1978, pesawat menerima Pave Penny laser yang penerima pod, yang merasakan
radiasi laser tercermin dari designator laser. Pave Penney kini telah
dihentikan dalam mendukung polong lebih mampu menargetkan maju. A-10 mulai
menerima sistem navigasi inersia pada tahun 1980. Kemudian, Keselamatan
Low-Ketinggian dan Target Peningkatan (Laste) upgrade disediakan
terkomputerisasi senjata-bertujuan peralatan, autopilot, dan sistem peringatan
tanah-tabrakan. Pada tahun 1999, pesawat mulai menerima Positioning System
sistem navigasi global dan layar multi-fungsi baru. Pada tahun 2005, armada
A-10 seluruh mulai menerima upgrade Engagement Presisi yang mencakup sistem
kontrol api ditingkatkan (FCS), penanggulangan elektronik (ECM), menampilkan
kokpit upgrade, kemampuan untuk memberikan bom pintar, tampilan peta bergerak,
tangan pada throttle dan tongkat, digital toko manajemen, LITENING dan Sniper
maju menargetkan integrasi pod, kesadaran link data situasional atau SADL,
format pesan variabel, atau VMF, GPS-dipandu senjata, dan upgrade daya DC.
Armada A-10 keseluruhan telah Keterlibatan Presisi dimodifikasi dan sekarang
membawa penunjukan A-10C.
The Thunderbolt II dapat dilayani dan dioperasikan dari basis
keras dengan fasilitas terbatas di dekat daerah pertempuran. Banyak dari bagian
pesawat yang dipertukarkan kiri dan kanan, termasuk mesin, roda pendaratan
utama dan stabilisator vertikal. Avionics peralatan termasuk multi-band
komunikasi, Global Positioning System dan inersia sistem navigasi,
penanggulangan inframerah dan elektronik terhadap udara-udara-dan
udara-ke-permukaan ancaman. Dan, ia memiliki layar kepala-up untuk menampilkan
informasi penerbangan dan pengiriman senjata.
The Thunderbolt II dapat menggunakan berbagai macam amunisi
konvensional, termasuk bom tujuan umum, unit bom klaster, dipandu laser yang
bom, amunisi serangan gabungan langsung atau JDAM, angin dikoreksi amunisi
dispenser atau WCMD, AGM-65 Maverick dan AIM-9 Sidewinder rudal, roket, flare
pencahayaan, dan GAU-8 / A meriam 30mm, mampu menembakkan 3.900 putaran per
menit untuk mengalahkan berbagai macam target termasuk tank.
Latar belakang
Produksi pertama A-10A disampaikan ke Davis-Monthan Air Force
Base, Arizona, pada bulan Oktober 1975. A-10C ditingkatkan mencapai kemampuan
operasi awal pada bulan September 2007. Yang khusus dirancang untuk dukungan
udara dekat, kombinasi beban persenjataan yang besar dan beragam, berkeliaran
waktu yang lama, akurat pengiriman senjata, kemampuan lapangan keras, dan
bertahan hidup telah terbukti sangat berharga bagi Amerika Serikat dan
sekutu-sekutunya. Pesawat telah berpartisipasi dalam operasi Desert Storm,
Southern Watch, Memberikan Comfort, Desert Fox, Anvil Noble, Deny Penerbangan,
Guard disengaja, Sekutu Force, Enduring Freedom dan Kebebasan Irak.
Karakteristik Umum
Fungsi Primer: Tutup dukungan udara, Airborne Teruskan Air
Control, Combat Search and Rescue
Kontraktor: Republik Fairchild Co
Power Plant: Dua General Electric TF34-GE-100 turbofan
Thrust: pound 9.065 setiap mesin
Lebar sayap: 57 kaki, 6 inci (17,42 meter)
Panjang: 53 kaki, 4 inci (16,16 meter)
Tinggi: 14 kaki, 8 inci (4,42 meter)
Berat: £ 29.000 (13.154 kg)
Lepas landas maksimum Berat: £ 51.000 (22.950 kg)
Kapasitas Bahan Bakar: £ 11.000 (7.257 kilogram)
Payload: 16.000 pon (7.257 kilogram)
Kecepatan: 450 mil laut per jam (Mach 0.75)
Rentang: 2.580 mil (2240 mil laut)
Ceiling: 45.000 kaki (13.636 meter)
Persenjataan: Satu 30 mm GAU-8 / A senapan Gatling tujuh barel;
hingga 16.000 pound (7.200 kilogram) dari persenjataan campuran pada delapan di
bawah sayap dan tiga stasiun bawah tiang-pesawat, termasuk 500 pon (225
kilogram) Mk-82 dan 2.000 pound (900 kilogram) bom tarik Mk-84 seri rendah /
tinggi, bom cluster bakar, efek gabungan amunisi, pengeluaran tambang amunisi,
AGM-65 rudal dan bom Maverick laser-guided/electro-optically dipandu, suar
penanggulangan inframerah; elektronik balasan sekam, jammer polong, roket 2,75
inci (6,99 cm), flare pencahayaan dan AIM-9 Sidewinder rudal.
Kru: Satu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar